EkonomiTeknologi

Apple Diuntungkan Oleh Pernyataan CEO Google

Batam,TBN- Peringatan keras kepada pengguna Google untuk tidak melakukan slideloading di perangkat mereka hal ini diungkapkan oleh CEO Google Sundar Pichai

Pembahasan slideloading sudah menjadi kontroversi sejak lama, di mana pengguna HP Android bisa menginstal aplikasi dari website atau sumber lainnya

Menariknya, Google yang merupakan pencipta Android sebenarnya turut mengakui bahaya dari sideloading.

Dalam kesaksiannya, Pichai memberikan peringatan ke semua pengguna HP Android bahwa aplikasi sideloading memiliki risiko yang tinggi karena rentan terinfeksi malware.

Kubu terpecah menjadi dua, di satu sisi banyak yang menyatakan sideloading memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi pengguna untuk bebas mengakses aplikasi buatan pengembang yang tak tersedia secara resmi.

Namun, di sisi yang lain menilai sideloading berisiko mendatangkan bahaya. Sebab, aplikasi yang tersedia di toko aplikasi resmi sudah melalui proses penyaringan, sehingga lebih aman.

Kendati demikian, Undang-Undang Pasar Digital (DMA) yang ditetapkan oleh Uni Eropa akan memaksa Apple mengakomodir mekanisme sideloading pada perangkatnya. DMA menilai sideloading penting agar tak terjadi praktik monopoli.

Sejauh ini Apple masih menentang ketetapan tersebut dengan dalih menjaga keamanan pengguna. Bahkan, Apple hendak menggugat Eropa karena menilai layanan App Store tak masuk dalam kategori ‘gatekeeper’ yang harus mematuhi DMA.

Terlepas dari itu semua, Apple juga perlu bersiap jika kalah dan pada akhirnya harus tunduk pada DMA. Dengan demikian, Apple mau tak mau jadi makin mirip Android di masa depan.

(Dilansir dari CNBC )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *