Berita Terbaruopini

Peranan Sumber Daya Manusia Dalam Kehidupan

 

batam,tbntimes-Keberhasilan masyarakat sangat tergantung pada kemampuan dan kapasitas SDM (sumber daya manusia). Oleh karena itu, penting memahami yang bagaimana SDM (sumber daya manusia) rendah dapat menjadi akar masalah dan peningkatan kualitas SDM (sumber daya manusia) dapat memberikan dampak positif yang besar.

Pertama-tama, perlu diakui bahwa pendidikan berperan krusial dalam membentuk SDM (sumber daya manusia). Tingkat pendidikan rendah sulit bagi individu memahami dunia sekitarnya, mengembangkan keterampilan, dan berkontribusi pada masyarakat.

Pendidikan yang terbatas menciptakan kesenjangan dalam akses pengetahuan, menghambat potensi pembangunan masyarakat. SDM (sumber daya manusia) rendah tercermin dalam kurangnya keterampilan sesuai tuntutan pasar kerja.

Perubahan teknologi memerlukan SDM (sumber daya manusia) yang dapat beradaptasi. Tanpa keterampilan relevan, peluang pekerjaan yang baik sulit diperoleh, menyebabkan tingkat pengangguran tinggi dan ketidaksetaraan ekonomi.

Sikap dan nilai-nilai juga merupakan bagian integral dari SDM (sumber daya manusia). Jika suatu masyarakat memiliki rendahnya kesadaran akan etika, tanggung jawab sosial, dan nilai-nilai positif, hal ini dapat menciptakan lingkungan yang tidak stabil.

Konflik, ketidaknyamanan, dan perilaku antisosial seringkali muncul dalam masyarakat dengan SDM (sumber daya manusia) yang rendah dalam hal sikap dan nilai-nilai.

Oleh karena itu, membangun SDM (sumber daya manusia ) yang unggul tidak hanya melibatkan aspek pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga pembentukan karakter dan nilai-nilai moral yang kuat.
Dalam konteks globalisasi, SDM (sumber daya manusia) rendah dapat menyebabkan keterbelakangan suatu negara dalam persaingan internasional.

Negara-negara dengan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas tinggi cenderung lebih inovatif, produktif, dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan global.

Sementara itu, negara dengan SDM (sumber daya manusia) rendah mungkin kesulitan untuk bersaing dan menghadapi tantangan global yang kompleks. Oleh karena itu, investasi dalam pendidikan, pelatihan, dan pengembangan SDM (sumber daya manusia) menjadi sangat penting untuk memastikan daya saing yang berkelanjutan di tingkat global.

Penting juga untuk menyadari bahwa SDM (sumber daya manusia) rendah tidak hanya menjadi tanggung jawab individu, tetapi juga merupakan hasil dari kebijakan pemerintah, sistem pendidikan, dan faktor-faktor lingkungan.

Oleh karena itu, solusi untuk meningkatkan SDM (sumber daya manusia) harus mencakup perubahan dalam kebijakan pendidikan, penyediaan akses yang lebih luas terhadap pendidikan berkualitas, serta upaya untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan penuh potensi manusia.*

Oleh: Pangondian Tambunan

Wakil Pemimpin Redaksi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *