Berita Terbaru

Polresta Barelang Menerima Kunjungan Puslitbang Polri Dalam Rangka Pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police)

Batam,Tbntimes.com- Polresta Barelang – Polresta Barelang menerima kunjungan Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Polri dalam rangka gelar penelitian tentang pengembangan SDM dan
Organisasi Polisi Siber (Cyber Police) di kewilayahan bertempat di Ruang Rapat Lantai 3 Mapolresta Barelang. Senin (19/02/2024)

Tim yang dipimpin oleh Kombes Pol Ade Djaja S, SIK, MH bersama 3 orang anggota tim lainnya masing- masing AKBP Ade Chadijah, S.Sos dan Ipda Rachmad Taufik Hidayatulloh yang diterima oleh Kapolresta Barelang dalam hal ini di wakili oleh Wakapolresta Barelang AKBP Syafrudin Semidang Sakti, SIK, MH, Kabag SDM, Wakasat Reskrim, Serta Anggota Reskrim Polresta Barelang.

Dalam sambutannya, Kombes Pol Ade Djaja S, SIK, MH selaku ketua tim menjelasakan bahwa penelitan yang dilakukan kali ini untuk mencari data, masukan dan informasi terkait pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber(CyberPolice) di Satuan Kewilayahan.

Dengan tujuan penelitian ini adalah merumuskan masukan untuk pimpinan Polri dalam rangka strategi pengembangan SDM dan Organisasi Polisi Siber (Cyber Police) di kewilayahan.

Pelaksanaan penelitian dimulai tanggal 19 s.d. 22 Februari 2024 dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini pengisian kuesioner kepada seluruh anggota Polri di Polda
jajaran yang bertugas pada fungsi Siber di Satuan Kewilayahan, FGD atau wawancara dengan pejabat pengemban fungsi SDM, dan
fungsi Reskrim terkait kondisi terkini (existing condition) Polisi Siber di satuan Kewilayahan serta pengembangan SDM Polisi Siber dalam mewujudkan Polisi 4.0 menuju era Society 5.0.

Kemudian pengumpulan data sekunder tentang data jumlah SDM, dukungan anggaran, sarana dan prasarana tungsi Siber, serta jumlah tindak pidana (TP) Siber 3 Tahun terakhir.

Penelitian ini sebenarnya sangat penting dilakukan mengingat perkembangan jaman dan teknologi semakin cepat berkembang.

Setelah ketua tim menyampaikan beberapa arahan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan wawancara dan pengisian kuesioner kepada anggota Polri yang bertugas di fungsi Siber Polresta Barelang.(red/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *