Berita Terbaru

Polda Kepri Gelar Latihan Pra Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2024

Batam, Tbntimes.com  –  Dalam rangka cipta kondisi keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024, Polda Kepri gelar Latirah Pra Operasi (latpraops) Keselamatan Seligi 2024 di Gedung Anton Soedjarwo Polda Kepri. Rabu (28/2/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut Karoops Polda Kepri Kombes. Pol. Ulami Sudjaja, S.H., Dirlantas Polda Kepri Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., Pejabat Utama Ditlantas Polda Kepri, Para Narasumber/Intruktur Latpraops Keselamatan Seligi 2024 dan peserta Latpraops Keselamatan Seligi 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Dirlantas Polda Kepri Kombes. Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., menyampaikan bahwa hal ini merupakan dasar bagi kita semua agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas yaitu dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan yang akan kita laksanakan sekarang ini.

“Adapun operasi kepolisan dengan Sandi Keselamatan Seligi-2024 ini akan dilaksanakan selama 14 hari dengan tema Dalam Rangka Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas Menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 yang dimulai dari tanggal 4 Maret 2024 sampai dengan 17 Maret 2024 dengan jumlah personil yang terlibat sebanyak 77 personil,” jelas Dirlantas Polda Kepri Kombes. Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si.

Lebih lanjut Dirlantas Polda Kepri Kombes. Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si., memberitahu bahwa pada pelaksanaan Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2024 ini, diprioritaskan kegiatan pendidikan masyarakat (dikmas) lantas guna mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas dan untuk mengedukasi masyarakat agar mengatahui arti pentingnya keselamatan berkendara serta taat dan patuh terhadap aturan berlalu lintas dijalan.

Adapun target dan tujuan Operasi Keselamatan Seligi tahun 2024, antara lain :
1. Meningkatkan disiplin masyarakat dalam berkendara
2. Menurunkan angka tingkat kecelakaan
3. Meningkatkan kesadaran dan kelengkapan kendaraan pribadi atau umum yang dipakai untuk mudik
4. Serta pergelaran anggota polantas didaerah-daerah rawan lainnya.

Kemudian, saya akan memberikan beberapa penekanan terhadap Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2024 ini, antara lain :

1. Melaksanakan deteksi dini, lidik, pam serta pemetaan terhadap lokasi/tempat yang rawan pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan.
2. Melaksanakan pembinaan penyuluhan kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas berupa giat sosialisasi, penyuluhan melalui pemasangan spanduk, banner, baliho, penyebaran _leaflet_ dan pembagian _sticker_ serta melalui media cetak, elektronik dan medsos.
3. Melaksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran lalu lintas.
4. Penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan etle statis dan mobile serta blangko teguran.
5. Melaksanakan penindakan odol _(over demensi over load)_ secara humanis.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan mendukung pelaksanaan Latpraops Keselamatan Seligi 2024. Dengan kerja sama yang solid, diharapkan Operasi Keselamatan Seligi Tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif yang nyata bagi keselamatan masyarakat di Kepulauan Riau,” – tutup Dirlantas Polda Kepri Kombes. Pol. Tri Yulianto, S.I.K., M.Si.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H. M.Si., menambahkan “Untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat kejahatan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau Unduh Aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.” ujarnya.(red/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *