Berita TerbaruHukumNews

Kapolda Kepri Hadiri Rakor Lintas Sektoral Jelang Operasi Ketupat 2024

Jakarta, tbntimes.com – Dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1445 H, Kapolda Kepri ikuti kegiatan Rakor Lintas Sektoral membahas terkait kesiapan penyelenggaraan mudik-balik Lebaran dan Operasi Ketupat 2024 yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., didampingi Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si, di Hotel Bidakara Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan Kementerian PMK, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan, Panglima TNI, Pertamina, Basarnas, dan BNPB serta lembaga lainnya. Senin (25/3/2024).

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., menyampaikan “Operasi Ketupat dilaksanakan selama 13 hari di mulai dari tanggal 4 April sampai dengan 16 April 2024. Jumlah pemudik tahun 2024 ini mengalami peningkatan hingga 56% atau mencapai 193 juta. Namun, diharapkan jumlah laka lantas dan juga kemacetan lalu lintas di tahun 2024 ini betul-betul bisa dikelola dengan baik. Operasi ketupat tahun ini menyiapkan 155.165 personel gabungan yang dikerahkan untuk memastikan mudik aman dan lancar. Serta disiapkan 5.784 pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat”.

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., juga mengatakan “Dalam berbagai kesiapan yang dilakukan Polri, diantaranya menyiapkan rekayasa lalu lintas. Seperti contraflow, sistem satu arah (one way) dan penerapan ganjil-genap sebagai alternatif terakhir. Polri juga menyelenggarakan program mudik gratis untuk mengurangi pemudik sepeda motor dengan menyediakan 400 bus dengan kapasitas 20 ribu penumpang. Kepolisian dan seluruh stakeholder terkait telah menyiapkan strategi untuk memastikan arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriah berjalan aman, nyaman dan lancar”.

“Hal ini semua menjadi bagian yang kita persiapkan agar mudik 2024 ini betul-betul berjalan aman dan lancar. Walaupun disatu sisi kita semua tahu kita sedang menghadapi rangkaian operasi mantap brata terkait masalah gugatan MK. Sehingga dua kegiatan ini betul-betul bisa diamankan. Disisi lain seluruh kegiatan ini betul-betul bisa kita gelar dan kita kawal, jaga agar mudik tahun ini berjalan aman dan lancar. Untuk mudik kali ini, kita siapkan strategi terkait dengan rekayasa lalin yang akan dilaksanakan termasuk sebelumnya didahului dengan survei jalan untuk mengetahui titik mana yang harus diperbaiki karena terjadi kerusakan maupun jalur yang perlu ditambah dengan tanda atau marka jalan. Termasuk juga wilayah yang selama ini menjadi rawan laka”. Ucap Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

“Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si, menambahkan untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat kejahatan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store,”- Tutup Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *