Berita TerbaruHukumNews

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2024

Batam, tbntimes.com – Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2024 di Lapangan Bhayangkara Polda Kepri. Rabu (3/4/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakapolda Kepri, Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili Asisten 1 Provinsi Kepri r. H. T. S. Arif Fadillah, S.Sos, M.Si., Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Riau Jumaga Nadeak, S.H., Danrem 033/WP Brigjen TNI Jimmy Watuseke, Ketua Pengadilan Tinggi Batam Bapak Bambang Trikoro, Pangkogabwilhan I. yang diwakili Kol. Laut (P) Robertus T. Waskito LO Laut Kogabwilhan I, Danpom Koarmada I Kolonel (PM) Didik Wahyudi, M.Tr. Hanla, M.M., Danlatamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.TR.OPSLA., Kazona Bakamla Barat., Laksamana Pertama Rakhmawanto ,S.E., M.Si.(Han).,CRMP., Kabinda Kepri Brigjen TNI Bonar Panjaitan S.E, M.Si., Dir Pam Aset BP Batam Brigjen. Pol. Rudi Hananto, Danlanud RHF. yang diwakili Dansatpom AU Mayor Pom Faisal Bagus Edy Trianto, Pejabat Utama Polda Kepri dan seluruh peserta Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang berisikan “Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa ”Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik tahun ini kurang lebih 190 juta pemudik. Oleh sebab itu, saya mengimbau serta mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.” Ucap Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

“Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024. Dalam operasi ini, telah dipersiapkan 5.784 pos, yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan, dan 480 pos terpadu, dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas, dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian. Tentunya, pos-pos yang digelar harus mampu memberikan pelayanan prima dan pengamanan optimal. Sinergi dan koordinasi antara Satgas Pusat, Satgas Daerah, dan stakeholder terkait harus berjalan optimal, sehingga pengguna jalan benar-benar merasa aman dan nyaman,” jelas Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Lebih lanjut, Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menekankan aspek keamanan dari gangguan kamtibmas juga harus menjadi perhatian penting, baik pada rumah yang ditinggalkan, jalur mudik, maupun lokasi wisata dan pusat keramaian lainnya. Lakukan patroli bersama pada jam-jam rawan, siapkan layanan pelaporan rumah yang ditinggalkan dan penitipan kendaraan sehingga masyarakat dapat mudik dengan tenang. Selain itu, libatkan kelompok-kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam pengamanan Sholat Ied sebagai wujud toleransi dan keberagaman Indonesia.

“Pastikan masyarakat dapat mengetahui informasi yang dibutuhkan melalui berbagai saluran komunikasi, sehingga dapat merencanakan perjalanannya dengan nyaman. Berbagai upaya tersebut diharapkan dapat berjalan optimal, sehingga masyarakat dapat merasakan “mudik aman, ceria, penuh makna”. Diharapkan momentum hari raya Idul Fitri ini dapat menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi, persatuan, dan kesatuan seluruh lapisan Masyarakat,” tutur Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

“Sebelum mengakhiri amanat ini, tentunya saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel pengamanan yang terdiri dari unsur TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya yang telah berpartisipasi dalam mendukung Operasi Ketupat 2024. Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu. Atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci,” tutup Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Selesai Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Seligi 2024, Kapolda Kepri didampingi pejabat utama Polda Kepri beserta stakeholder melakukan pemeriksaan kendaraan dinas (randis) yang akan digunakan dalam operasi. Kapolda mengecek kondisi fisik kendaraan, dan peralatan dinas yang ada di dalam kendaraan. Kapolda Kepri mengingatkan kepada seluruh personel yang terlibat dalam operasi agar selalu menjaga sikap dan perilaku selama bertugas. Layani masyarakat dengan baik dan berikan contoh yang baik dalam berlalu lintas.

Kemudian, dalam doorstopnya Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan bahwa hari ini Polda Kepri Bersama seluruh jajaran yang di dukung TNI dan instansi terkait maupun mitra kamtibmas lainnya melaksaakan Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi “Ketupat Seligi 2024” selama 13 hari.

“Untuk di Provinsi Kepri Operasi Ketupat Seligi 2024 mengerahkan sebanyak 1.269 personel yang terdiri dari 552 anggota Polri dengan rincian 243 Personel Polda Kepri, 309 Personel Polres/ta jajaran dan 717 yang terdiri dari TNI serta Stakeholder, kemudian didalam Operasi Ketupat Seligi 2024 kali ini disiapkan 57 Pos yang terdiri dari 23 Pos Pengamanan, 24 Pos Pelayanan dan 10 Pos Terpadu,″ jelas Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H.

Dilanjutkan dengan penyampaian Kapolresta Barelang Kombes. Pol. Dr. Nugroho Tri N., S.I.K., bahwa Bapak Kapolda Kepri akan membagikan tiket kapal gratis kepada masyarakat dengan tujuan Batam – Tanjungpinang sebanyak 166 tiket dan untuk tujuan Batam – Tanjung uban sebanyak 50 tiket. Tiket ini diperuntukkan untuk Masyarakat yang ingin mudik atau liburan. Tiket ini diprioritaskan untuk buruh, karyawan swasta, dan mahasiswa. Persyaratannya yaitu KTP harus wajib berdomisili di Provinsi Kepri dan untuk Mahasiswa harus menyertakan Kartu Tanda Mahasiswanya. Bagi yang ingin membawa keluarganya harus melampirkan KTP dan Kartu Keluarga. Jadwal keberangkatannya yaitu hari Jumat nanti pada tanggal 5 April 2024 di Pelabuhan Telaga Punggur. Pendaftarannya dapat menghubungi nomor ini 081363741771 atas nama Imam.

“Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si, menambahkan untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store,”.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *