Berita TerbaruNewsPolda Kepri

Wakapolda Kepri Pimpin Kegiatan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II Tahun Anggaran 2024

 

Batam, tbntimes.com – Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., memimpin kegiatan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II Tahun Anggaran 2024 yang turut dihadiri oleh Auditor Kepolisian Utama Itwasum Polri, Brigjen Pol. Heri Wahono, S.I.K., Irbidjemen Logistik Itwil II Itwasum Polri, Kombes Pol Drs. Eko Iswantono, M.M., Irbidjemen SDM II Itwil II Itwasum Polri, Kombes Pol Irwanirwan, S.I.K., Auditor Itwil II Itwasum Polri, Kombes Pol Ramon Zamora Ginting, S.I.K., Pamin Itwil II Itwasum Polri, Penata Christiono, A.Md., Irwasda Polda Kepri, Kombes Pol. Sri Satyatama, S.I.K., M.H., M.M., M.Han., Pejabat Utama Polda Kepri, serta Kapolres/ta beserta jajaran. Acara ini dilaksanakan di Rupatama Polda Kepri. Senin (8/7/2024).

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., menyampaikan kata sambutan dari Kapolda kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, M.H., menyampaikan mengucapkan selamat datang kepada rombongan Itwasum Mabes Polri yang akan melaksanakan audit kinerja dari 8 Juni hingga 17 Juli 2024. Serta adanya Audit kinerja Itwasum Polri sangat penting sebagai pengawasan dan pengendalian kinerja Polri, membantu merekap tugas pokok yang telah dilaksanakan serta penjabaran kebijakan pimpinan Polri untuk mewujudkan Polri yang presisi.

“Audit kinerja adalah elemen penting dalam organisasi untuk mengoptimalkan kinerja jajaran Polda Kepulauan Riau. Audit ini meliputi pengawasan internal oleh pimpinan dan pengawasan fungsional oleh Itwasum Polri serta Itwasda tingkat Polda. Pada semester pertama hingga 30 Juni 2024, penyerapan anggaran telah mencapai 54,7%, dengan belanja pegawai sebesar 3,01%, belanja barang 44,53%, dan belanja modal 27,51%. Diharapkan para Satker dan Satwil dapat melaksanakan program kegiatan secara terstruktur agar penyerapan anggaran tidak menumpuk pada akhir tahun,” Jelas Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H.

Lebih lanjut Wakapolda Kepri Brigjen Pol. Asep Safrudin, S.I.K., M.H., mengucapkan terima kasih atas kedatangan Itwasum Polri beserta seluruh tim audit untuk melakukan pengawasan dan pemeriksaan di Polda Kepri dan seluruh jajaran. Kami menyadari bahwa kami sudah berusaha seoptimal mungkin, namun tentunya ada kekurangan. Oleh karena itu, tim audit kinerja diharapkan dapat menjadi konsultan yang memberikan alternatif efektif bagi jajaran Polda Kepri berupa petunjuk, saran, dan solusi atas kekurangan tersebut agar kami dapat memperbaiki dan menjadi lebih baik.

Kemudian Auditor Kepolisian Utama Itwasum Polri, Brigjen Pol. Heri Wahono, S.I.K., Sebagai pimpinan Inspektorat Polri sekaligus penanggung jawab tim audit kinerja, mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kepri dan staf atas sambutan dan penerimaan kepada tim audit kinerja Itwasum Polri. Audit kinerja merupakan proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, objektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan untuk menilai kecermatan, kredibilitas, dan akuntabilitas informasi mengenai pengelolaan dan pertanggungjawaban para Kasatker serta kuasa penggunaan anggaran terhadap pelaksanaan program Polri dan penggunaan keuangan negara dalam mewujudkan tata kelola yang baik. Diharapkan adanya kerja sama dan keterbukaan transparansi dari seluruh Satker Polda Kepri dan jajaran sehingga kehadiran tim audit kinerja di Kepulauan Riau dapat memberikan kontribusi positif dalam pelaksanaan program kegiatan serta pengelolaan keuangan, serta berperan sebagai konsultan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi.

“Terakhir, saya berharap kegiatan Taklimat Awal Audit Kinerja dan Audit Kinerja Tahap II yang berlangsung dari 8 Juli hingga 17 Juli dapat berjalan dengan lancar dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi seluruh jajaran Polda Kepri. Dalam menjalankan tugas pengawalan, diharapkan semua kegiatan di organisasi dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan harapan, koridor, dan tujuan yang telah ditetapkan. Sistem pengawasan dan pengawalan yang efektif sangat diperlukan untuk memastikan kelancaran operasional dan pencapaian target yang telah direncanakan. Itwasum Polri sebagai aparat pengawas memiliki peran yang sangat vital dalam mencapai tujuan tersebut, memastikan bahwa setiap langkah organisasi selaras dengan standar yang telah ditetapkan. Dengan kerjasama yang baik dan transparansi dari seluruh Satker Polda Kepri dan jajaran, saya yakin kegiatan audit ini dapat memberikan kontribusi positif, membantu mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki, dan memberikan solusi yang efektif untuk mencapai keberhasilan Bersama,” Tutup Auditor Kepolisian Utama Itwasum Polri Brigjen Pol. Heri Wahono, S.I.K.

Terakhir, Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, S.H., M.Si., menambahkan pesan kepada masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat peta kerawanan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center polisi 110 atau unduh aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *