Berita TerbaruNews

Pemkab Padang Pariaman Jalin Kerja Sama Dengan Perguruan Tinggi Swasta Dalam Rangka meningkatkan Kualitas pembangunan Daerah

Padang, tbntimes.com – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembangunan daerah, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman jalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi swasta terkemuka di Provinsi Sumatera Barat yaitu Universitas Bung Hatta (UBH) dengan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota.

Kerjasama ini ditandai penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Padang Pariaman Azwarman dengan Ketua Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bung Hatta Era Triana. Bertempat diruang sidang Fakultas Teknik Sipil Universitas UBH, Padang, pada Senin (20/05/24).

Sebelumnya, perjanjian ini sudah didahului dengan adanya Kesepakatan Bersama (MoU) antara Universitas Bung Hatta dan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman tentang Kerjasama Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Serta Pengabdian Masyarakat pada tahun 2022 yang lalu. Kegiatan ini difasilitasi oleh Bagian Tata Pemerintahan dan Kerja sama (TPKS) Sekretariat Daerah Kabupaten Padang Pariaman.

Kepala Bapelitbangda Padang Pariaman Azwarman dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Bung Hatta atas kerjasamanya dalam melaksanakan penelitian yang dilaksanakan tahun ini. Sehingga penelitian ini nantinya dapat digunakan sebagai bahan rekomendasi dan kebijakan terhadap Perencanaan Pembangunan Daerah terkhusus di Kabupaten Padang Pariaman

Lebih lanjut Azwarman menyebutkan, adapun tema yang diangkat dalam penelitian ini yaitu terkait dengan Indeks Pelayanan Infrastruktur Kabupaten Padang Pariaman, Pemetaan Sebaran Data Pokok Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman serta Kajian Evaluasi Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan Terhadap Pola Ruang RTRW Kabupaten Padang Pariaman dalam upaya Mendukung Ketahanan Pangan.

“Ketiga hasil penelitian ini nantinya disajikan tidak hanya berupa laporan tetapi juga dilengkapi dengan aplikasi berbasis peta atau disebut juga dengan Web Geographic Information System (WebGIS ). Sehingga, hasil dari penelitian ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung berbagai program pembangunan serta guna meningkatkan kinerja layanan infrastruktur Kabupaten Padang Pariaman nantinya,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi, Kabid Fisik dan Prasarana Kresna Handoyo, Kabid Sosbud Zuinna Marlius, Kabid Ekonomi Trisna Junaili, dan Bagian TPKS Sekretariat Daerah Vera Andriani.(Ali/hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *